Thursday, October 28, 2021

Begini Lho Cara Mudah Lapor Pajak Menggunakan E Filling Spt

 

EFiling SPT

Membayar pajak adalah sebuah kewajiban anda sebagai seorang warga negara untuk membantu pembangunan negara. Sebagai seorang yang taat membayar pajak tentunya anda sudah tidak asing dengan Surat Pemberitahuan tahunan (SPT). SPT ini digunakan untuk melaporkan perhitungan dan pembayaran pajak, objek pajak, harta, penghasilan dan kewajiban pajak lainnya. Nah, untuk memudahkan anda dalam akses penyampaian SPT, Direktorat Jenderal pajak menyediakan aplikasi yang dapat anda akses untuk melaporkan pajak secara online melalui efiling SPT.

Perbedaan e-Form dengan e-Filling

Ketika pemerintah mewajibkan pelaporan SPT tahunan secara rutin kepada wajib pajak yakni wajib pajak orang pribadi dan badan dengan tenggang waktu untuk pelaporan SPT orang pribadi sampai dengan 31 Maret dan 30 April untuk badan. Pelaporan SPT ini sedniri dapat dilakukan secara online melalui aplikasi DJP online sehingga anda tidak perl untuk datang ke kantor pajak. Akan tetapi wajib pajak yang baru terdaftar dan belum pernah melaporkan SPT tahunan secara online perlu mendatangi kantor pajak untuk mendapatkan Electronic Filling.

Perbedaan e filling SPT dan e form sendiri terletak pada bagaimana cara pengisian SPT tahunan tersebut. Apabila sebelumnya wajib pajak harus datang langsung ke kantor pajak maka sekarang dengan adanya e filling tentunya memudahkan anda sebagai wajib pajak dalam pelaporan SPT tahunan. 

Kelebihan menggunakan e filling 

Beberapa keunggulana yang diberikan ketika anda menggunakan e filling diantaranya adalah pelaporan SPT yang lebih cepat dan mudah, wajib pajak yang tidak perlu antri di kantor, bukti lapor juga akan terjaga dan tersimpan dengan rapi. 

Selain pelaporan SPT bagi orang pribadi, pelaporan tiga jenis surat pemberitahuna tahunan berikut ini wajib dilakukan secara online melalui aplikasi e filling karena sudah tidak dapat dilaporkan secara offline. Ketiga jenis SPT tersebut diantaranya adalah SPT masa pajak PPh pasal 21 atau pasal 26, SPT masa pajak PPN atau PPnBm dan SPT Tahunan badan Khusus Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menerbitkan e-faktur. 

Cara lapor SPT lewat e-Filling DJP online

Ketika anda sudah wajib laporan SPT maka anda dapat dengan mudah melakukannya melalui e-filling SPT DJP online. Berikut cara yang dapat anda lakukan.

1. Log in kea kun DJP online di laman djponline.pajak.go.id 

2. Masukan NPWP, Password dank ode keamanan di layar

3. Setelah anda berhasil masuk, pilih menu e-Filing

4. Pilih menu Buat SPT

5. Isi kolom-kolom yang disediakan oleh system

6. Pilih SPT yang anda laporkan

7. Isi data SPT seperti SPT yang sudah kamu terima

8. Isi kode verifikasi

9. Klik kirim SPT 

Itulah cara melaporkan SPT melalui e-filling SPT DJP online. Mudah bukan? Yuk, mulai sekarang lapor pajak tepat waktu. Apabila anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan SPT atau asistensi lain dalam hal pajak anda data dengan mudah mengunjungi konsultan pajak yang ada di kota anda. Pastikan anda mendapatkan pelayanan yang paling bagus dan maksimal ketika anda memutuskan untuk konsultasi. Ketika anda mengisi SPT tersebut biasanya ada beberapa hal yang membingungkan bagi anda yang baru dalam hal pelaporan SPT oleh karena itulah anda wajib berkonsultasi agar pengisian anda tepat dan benar sesuai dengan kondisi anda. Apabila anda tidak memungkinkan untuk pergi ke konsultan, anda dapat menghubungi teman anda yang sudah faham terkait pelaporan SPT ini agar anda tidak bingung ketika mengisinya.


0 komentar

Post a Comment